Senin, 22 November 2010

Pengertian dan Ciri-ciri Konsentrasi Belajar


1. Pengertian Konsentrasi Belajar

Kosentrasi belajar berasal dari kata konsentrasi dan belajar. Hornby dan Siswoyo (1993:69) mendefinisikan konsentrasi (concentration) adalah pemusatan atau pengerahan (perhatiannya ke pekerjaannya atau aktivitasnya). Hamalik (1995:36) mendefinisikan belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman. Menurut pengertian ini, belajar adalah merupakan suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Belajar bukan hanya mengingat, akan tetapi lebih luas daripada itu, yakni mengalami. Sejalan dengan perumusan itu, berarti pula belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan.

Tabrani dkk. (1989:8) menambahkan definisi belajar dalam arti luas ialah proses perubahan tingkah laku yang dinyatakan dalam bentuk penguasaan, penggunaan, dan penilaian terhadap atau mengenai sikap dan nilai-nilai, pengetahuan dan kecakapan dasar yang terdapat dalam berbagai bidang studi atau, lebih luas lagi, dalam berbagai aspek kehidupan atau pengalaman yang terorganisasi. Belajar selalu menunjukkan suatu proses perubahan perilaku atau pribadi seseorang berdasarkan praktek atau pengalaman tertentu.

Dari pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa konsentrasi belajar adalah pemusatan perhatian dalam proses perubahan tingkah laku yang dinyatakan dalam bentuk penguasaan, penggunaan, dan penilaian terhadap atau mengenai sikap dan nilai-nilai, pengetahuan dan kecakapan dasar yang terdapat dalam berbagai bidang studi.

2. Ciri-ciri Siswa yang Dapat Berkonsentrasi Belajar

Ciri-ciri siswa yang dapat berkonsentrasi belajar berkaitan dengan perilaku belajar yang meliputi perilaku kognitif, perilaku afektif, dan perilaku psikomotor. Karena belajar merupakan aktivitas yang berbeda-beda pada berbagai bahan pelajaran, maka perilaku konsentrasi belajar tidak sama pada perilaku belajar tersebut. Engkoswara dalam Tabrani (1989:10) menjelaskan klasifikasi perilaku belajar yang dapat digunakan untuk mengetahui ciri-ciri siswa yang dapat berkonsentrasi belajar sebagai berikut.

a. Perilaku kognitif, yaitu perilaku yang menyangkut masalah pengetahuan, informasi, dan masalah kecakapan intelektual. Pada perilaku kognitif ini, siswa yang memiliki konsentrasi belajar dapat ditengarai dengan: (1) kesiapan pengetahuan yang dapat segera muncul bila diperlukan, (2) komprehensif dalam penafsiran informasi, (3) mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh, (4) mampu mengadakan analisis dan sintesis pengetahuan yang diperoleh.

b. Perilaku afektif, yaitu perilaku yang berupa sikap dan apersepsi. Pada perilaku ini, siswa yang memiliki konsentrasi belajar dapat ditengarai: (1) adanya penerimaan, yaitu tingkat perhatian tertentu, (2) respon, yaitu keinginan untuk mereaksi bahan yang diajarkan, (3) mengemukakan suatu pandangan atau keputusan sebagai integrasi dari suatu keyakinan, ide dan sikap seseorang.

c. Perilaku psikomotor. Pada perilaku ini, siswa yang memiliki konsentrasi belajar dapat ditengarai: (1) adanya gerakan anggota badan yang tepat atau sesuai dengan petunjuk guru, (2) komunikasi non verbal seperti ekspresi muka dan gerakan-gerakan yang penuh arti.

d. Perilaku berbahasa. Pada perilaku ini, siswa yang memiliki konsentrasi belajar dapat ditengarai adanya aktivitas berbahasa yang terkoordinasi dengan baik dan benar.

Dari pendapat tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri siswa yang dapat berkonsentrasi belajar tampak pada perhatiannya yang terfokus pada hal yang diterangkan guru atau pelajaran yang sedang dipelajari..

23 komentar:

  1. mas mbak article nya bagus. boleh tahu judul bukunya Tabrani yang dijadikan referensi apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tabrani Rusyan, 1998, Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV Remaja Karya

      Hapus
  2. article nya bermanfaat sekali mas... klo boleh tau referensi buku tentang konsentrasi nya apa ya?

    BalasHapus
  3. maksih artikelnya mohon ijin copy untuk nulis PTK

    BalasHapus
  4. artikel nya oke..... ijin copy juga yaaa

    BalasHapus
  5. maaf mba, boleh ga minta fotokopian buku yang tabrani, kebetulan lagi perlu untuk bahan skripsi, kalo ada tolong email saya di liaamal15@yahoo.com atau sms saya ke no 085780027794. kalo boleh ingin pinjem bukunya untuk difotokopi karena sulit untuk mencari buku barunya di toko buku. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tempat amalia ndak terjangkau dari sini, bisa dicari di toko buku atau kios buku loak di kota amalia ..

      Hapus
    2. bapak masih punya bukunya. domisili di mana pak

      Hapus
  6. ass.
    mas artikel y sngat mmbantu, bleh tau jdul buku y hornby dan siswoyo yg dijadikan refrensi..
    tlong banget sms ke no 081995141719 ..
    di tunggu bantuan y mas

    BalasHapus
  7. assalamualaikum.. boleh pinjam refrensi bukunya tidak ya ka?buth untuk skripsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamualaikum, mba apakah sudah ketemu bukunya mba? saya juga butuh utk skripsi, mohon bantuannya mba.

      Hapus
  8. Mas articelnya bagus dan bermanfaat buat skripsi saya, kalau boleh tau judul buku hornby dan siswoyo apa ya ? Sana yang hamalik juga judulnya apa ? Terimakasih

    BalasHapus
  9. thanks mas . bisa minta foto coverbuku nya ?

    BalasHapus
  10. Terimakasih. Artikel nya bermanfaat.

    BalasHapus
  11. Izin copy untuk PTK ya. Trims

    BalasHapus
  12. artikelnya sangat bagus dan membantu sekali untuk saya.. terimakasih yaa.....

    de nature

    BalasHapus
  13. bisa minta tlg info judul referensi bukunya a[a saja. thx

    BalasHapus
  14. Makasih ya mas..Artikelnya bagus mas.. ijin copy nggeh mas..

    BalasHapus
  15. bagus artikelnya padat dan jelas. tapi lwbih baik cantumkan juga ya daftar pustakanya.

    BalasHapus
  16. bagus artikelnya padat dan jelas. tapi lwbih baik cantumkan juga ya daftar pustakanya.

    BalasHapus