Selasa, 21 Desember 2010

QUANTUM TEACHING


Quantum Teaching mencakup petunjuk spesifik untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif, merancang kurikulum, menyampaikan isi, dan memudahkan proses belajar. Dengan Quantum Teaching Anda akan memperoleh cara-cara efektif untuk meningkatkan:


· Partisipasi dengan menggubah (mengorkestrasi) keadaan

· Motivasi dan minat dengan menerapkan kerangka rancangan yang dikenal dengan singkatan TANDUR

· Rasa kebersamaan dengan menggunakan Delapan Kunci Keunggulan

· Daya ingat dengan menggunakan SLIM-n-BIL

· Daya dengan anak didik Anda dengan mengikuti Prinsip-Prinsip Komuni­kasi Ampuh

· Kehalusan transisi dengan MPT.

Semua itu, serta banyak strategi lain, akan menempatkan Anda dan siswa pada jalur cepat menuju kesuksesan belajar untuk memudahkan pemahaman Anda terhadap filosofi Quantum Teaching. Berikut ini terdapat beberapa kata kunci dan definisinya.

Quantum: Interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya. Quantum Teaching, dengan demikian, adalah penggubahan bermacam-macam interaksi yang ada di dalam dan di sekitar momen belajar. Interaksi-interaksi ini mencakup unsur-unsur untuk belajar efektif yang mempengaruhi kesuksesan siswa. Interaksi-interaksi ini mengubah kemampuan dan bakat alamiah siswa menjadi cahaya yang akan bermanfaat bagi mereka sendiri dan bagi orang lain

Pemercepatan Belajar: Menyingkirkan hambatan yang meng­halangi proses belajar alamiah dengan secara sengaja menggunakan musik, mewarnai lingkungan sekeliling, menyusun bahan pengajaran yang sesuai, cara efektif penyajian, dan “keterlibatan aktif”

Fasilitasi: Memudahkan segala hal. Pada saat kami menggunakan kara ini, kami merujuk kepada implementasi strategi yang menyingkirkan hambatan belajar, mengembalikan proses belajar ke keadaannya yang "mudah" dan alarm.

ASAS UTAMA

Quantum teaching bersandar pada konsep ini: Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka. Inilah Asas Utama­alasan dasar di balik segala strategi, model, dan keyakinan Quantum Teaching. Segala hal yang dilakukan dalam. kerangka Quantum Teaching setiap interaksi dengan siswa, setiap rancangan kurikulum, dan setiap metode instruksional dibangun di atas prinsip Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka.

Beginilah maksudnya. Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, dan Antar­kan Dunia Kita ke Dunia Mereka mengingatkan kita pada pentingnya memasuki dunia murid sebagai langkah pertama. Untuk mendapatkan hak mengajar, pertama-tama Anda harus membangun jembatan autentik memasuki kehidupan murid. Sertifikat mengajar atau dokumen yang mengizinkan Anda mengajar atau melatih hanya berarti bahwa Anda memiliki wewenang untuk mengajar. Hal ini tidak berarti bahwa Anda mempunyai hak mengajar. Mengajar adalah hak yang harus diraih, dan diberikan oleh siswa, bukan oleh Departemen Pendidikan. Belajar dari segala definisinya adalah kegiatan full-contact. Dengan kata lain, belajar melibatkan semua aspek kepribadian manusia – pikiran, perasaan, dan bahasa tubuh – di samping pengetahuan, sikap, dan keyakinan sebelumnya Serta persepsi masa mendatang. Dengan demikian, karena belajar berurusan dengan orang secara keseluruhan, hak untuk memu­dahkan belajar tersebut harus diberikan oleh pelajar dan diraih oleh guru.

Jadi, masuki dahulu dunia mereka. Mengapa? Karena tindakan ini akan memberi Anda izin untuk memimpin, menuntun, dan memudahkan perjalanan mereka menuju kesadaran dan ilmu pengetahuan yang lebih lugs. Bagaimana caranya ? Dengan mengaitkan apa yang Anda ajarkan dengan sebuah peristiwa, pikiran, atau perasaan yang diperoleh dari kehidupan rumah, sosial, atletik, musik, rekreasi, atau akademis mereka. Setelah kaitan itu terbentuk, Anda dapat membawa mereka ke dalam dunia Anda, dan memberi mereka pemahaman Anda mengenai isi dunia itu. Di sinilah kosakata baru, model mental, rumus, dan lain-lain dibeberkan. Seraya menjelajahi kaitan dan interaksi, baik siswa maupun guru mendapatkan pemahaman baru dan “Dunia Kita” diperluas mencakup tidak hanya para siswa, tetapi juga guru. Akhirnya, dengan pengertian yang lebih luas dan penguasaan lebih mendalam ini, siswa dapat membawa apa yang mereka pelajari ke dalam dunia mereka dan menerapkannya pada situasi baru. Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, Antar­kan Dunia Kita ke Dunia Mereka. Begitulah dinamika manusia. Itulah asas utama Quantum Teaching.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar