Usaha
meningkatkan kualitas TK merupakan hal yang senantiasa terus berkembang dalam
dunia pendidikan TK. Banyak TK saling memperbaiki diri untuk meningkatkan
kualitasnya dengan cara-cara yang sudah dikenal maupun dengan cara-cara
inovatif. Perkembangan kualitas dan kuantitas TK dari tahun ke tahun cukup
menggembirakan, yang dirasakan bagi orang tua dan masyarakat yang membutuhkan
wadah pendidikan prasekolah khususnya bagi anak usia TK.
Ada beberapa pertimbangan
yang dapat dijadikan pedoman untuk meningkatkan kualitas TK. Hal ini berkaitan
dengan berbagai aspek penyelenggaraan penidikan TK.
a.
Kurikulum
Kurikulum merupakan perangkat sebagai pegangan dan alat
untuk mencapai tujuan TK. Masyarakat akan memilih
tentang kurikulum yang berlaku di suatu TK. Meskipun ada kurikulum yang baku bagi
TK. Pada TK-TK tertentu memiliki ciri khas yang manarik sesuai dengan cita-cita
dari orang tua. Contohnya ada TK Islam, TK Kristen, TK Nasional, dan
sebagainya. Disamping kurikulum yang baku, TK tersebut memiliki program
tambahan yang menjadi daya tarik orang tua untuk memasukkan anaknya ke TK
tersebut, misalnya ada tambahan belajar membaca Al Qur’an, marching band,
komputer, dan lain-lain.
b.
Sarana
dan Prasarana
TK
yang berkualitas antara lain ditandai TK tersebut memiliki sarana dan prasarana
lengkap. Sarana prasarana tersebut meliputi : gedung TK, halaman yang memenuhi
syarat, sanitasi bersih, sikulasi udara baik dan cukup penerangan. Saat ini
banyak TK telah dilantai keramik untuk menambah daya tarik TK yang bersih dan
tidak kumuh.
c.
Pengaturan
Pusat Kegiatan di dalam dan diluar
Sarana dan prasarana memang sangat vital di pendidikan
TK. Faktor penunjang ini perlu didesain dalam tata ruang kegiatan bermain yang
baik dan menarik. Untuk itu guru TK dituntut untuk berkreativitas sehingga
suasana belajar tidak menjemukkan dari tahun ke tahun.
d.
Ketenagaan
(guru)
Masyarakat
menghendaki guru yang mengajar di TK tersebut berkualitas. Untuk itu jenjang
pendidikan untuk guru TK disejajarkan dengan syarat minimal guru SD yaitu D2.
Selain itu guru perlu memiliki banyak pengalaman pendidikan dan pelatihan. Saat
ini jenjang pendidikan untuk guru TK telah ditingkatkan hingga S1.
e.
Kegiatan
di TK
Kegiatan
di TK yang menarik saat ini adalah kegiatan “calistung” (baca tulis hitung).
Banyak pejabat pendidikan konservatif menganggap calingtung belum perlu
diajarkan di TK. Akan tetapi pemikiran yang telah ketinggalan jaman ini sudah
banyak ditinggalkan oleh lembaga pendidikan TK. Alasannya dari segi psikologi
pendapat itu tidak ilmiah, selanjutnya anak akan lebih cepat menyerap ilmu
pengetahuan, dan saat ini banyak SD yang mengharapkan lulusan TK minimal sudah
bisa membaca.
Untuk
itu banyak program yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan TK
yang dilakukan secara khusus yaitu : berhitung sederhana, sempoa, membaca pada usia
dini, dan komputer. Terbukti saat ini lebih banyak anak kecil bisa membaca
cepat dan mendapatkan ilmu lebih awal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar