Senin, 16 April 2012

CONTOH LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)


Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan tahapan sebagai berikut:
a.       Perencanaan
Dalam tahap perencanaan ini meliputi sebagai berikut:
1)      Menentukan tema pembelajaran
2)      Menelaah materi pembelajaran PKn serta menelaah indikator bersama tim kolaborasi.
3)      Menyusun RPP sesuai indikator yang telah ditetapkan dengan Quantum Teaching .
4)      Menyiapkan media pembelajaran berupa CD Interaktif tentang maeri pembelajaran PKn.
5)      Menyiapkan alat evaluasi berupa tes dan lembar kerja siswa.
6)      Menyiapkan lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan guru.
b.      Pelaksanaan Tindakan
Pelaksanaan tindakan yaitu implementasi atau penerapan isi rancangan dalam kancah, yiatu mengenai tindakan di kelas (Arikunto, 2006: 99). Pelaksanaan tindakan secara rinci diuraikan sebagai berikut:
1)      Pra-kegiatan
a)      Mempersiapkan media, salam, doa, persensi.
b)      Pengkondisian kelas.
2)      Kegiatan awal
a)      Guru melaksanakan apersepsi
b)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
3)      Kegiatan inti
a)      Eksplorasi
1)      Guru mengemukakan konsep/ permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa.
2)      Guru memulai mengarahkan siswa agar memperhatikan CD interaktif.
3)      Guru memutarkan tayangan presentasi tentang materi PKn.
4)      Siswa memperhatikan CD Interaktif yang ditampilkan.
5)      Guru membagikan lembar soal pada setiap kelompok.
b)      Elaborasi
1)      Membentuk kelompok dengan anggota 2-3 orang.
2)      Siswa diberikan kesempatan untuk mengerjakan soal dengan berdiskusi kelompok.
3)      Siswa mempresentasikan hasil diskusinyadi depan kelas.
4)      Siswa yang lain menanggapi hasil diskusi kelompok yang maju ke depan kelas.
c)      Konfirmasi
1)      Siswa mendapatkan penghargaan kelompok maupun individu.
2)      Siswa membacakan konfirmasi dari hasil kegiatan yang telah dilakukan.
3)      Siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
4)      Kegiatan akhir
a)      Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b)      Evaluasi
c)      Tindak lanjut. Bagi siswa yang belum tuntas mendapatkan remedial, sedangkan siswa yang sudah tuntas mendapatkan pengayaan.
d)      Guru memberikan tugas rumah untuk dikerjakan siswa.
Dalam pelaksanaan PTK ini direncanakan dalam 3 siklus. Siklus pertama yaitu memahami materi tentang “Presiden Republik Indonesia”, siklus kedua yaitu “Wakil Presiden Republik Indonesia”, dan siklus ketiga tentang “Kementerian Republik Indonesia”.
c.       Observasi
Observasi atau pengamatan meliputi kegiatan pemusatan perhatian terhadap suatu obyek dengan menggunakan seluruh alat indera (Arikunto, 2006: 156). Kegiatan observasi dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru pengamat untuk mengamati aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran PKn dengan Quantum Teaching dan media CD Interaktif.
d.      Refleksi
Refleksi merupakan kegiatan untuk mengemukakan kembali apa yang sudah terjadi (Arikunto, 2006: 99). Setelah proses pembelajaran selesai, peneliti dan guru kolaborasi mulai mengkaji proses pembelajaran yang telah dilakukan berupa aktivitas siswa dan guru, serta hasil belajar yang diperoleh, apakah sudah mencapai standar ketuntasan dan keefektifan pembelajaran dengan melihat ketercapaian dalam indikator kinerja pada siklus pertama, serta mengkaji kekurangan dan membuat daftar permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan siklus pertama, kemudian bersama tim kolaborasi membuat perencanaan tindak lanjut untuk siklus selanjutnya.

3 komentar: