Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas, dengan tahapan sebagai berikut:
a. Perencanaan
Dalam tahap perencanaan ini meliputi sebagai berikut:
1) Menentukan tema
pembelajaran
2) Menelaah materi
pembelajaran PKn serta menelaah indikator bersama tim kolaborasi.
3) Menyusun RPP sesuai
indikator yang telah ditetapkan dengan Quantum Teaching .
4) Menyiapkan media
pembelajaran berupa CD Interaktif tentang maeri pembelajaran PKn.
5) Menyiapkan alat evaluasi
berupa tes dan lembar kerja siswa.
6) Menyiapkan lembar
observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan guru.
b. Pelaksanaan Tindakan
Pelaksanaan tindakan yaitu implementasi atau penerapan isi rancangan
dalam kancah, yiatu mengenai tindakan di kelas (Arikunto, 2006: 99).
Pelaksanaan tindakan secara rinci diuraikan sebagai berikut:
1) Pra-kegiatan
a)
Mempersiapkan media, salam, doa, persensi.
b)
Pengkondisian kelas.
2) Kegiatan awal
a)
Guru melaksanakan apersepsi
b)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
3) Kegiatan inti
a) Eksplorasi
1)
Guru mengemukakan konsep/ permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa.
2)
Guru memulai mengarahkan siswa agar memperhatikan CD interaktif.
3)
Guru memutarkan tayangan presentasi tentang materi PKn.
4)
Siswa memperhatikan CD Interaktif yang ditampilkan.
5)
Guru membagikan lembar soal pada setiap kelompok.
b) Elaborasi
1) Membentuk kelompok dengan
anggota 2-3 orang.
2) Siswa diberikan
kesempatan untuk mengerjakan soal dengan berdiskusi kelompok.
3) Siswa mempresentasikan
hasil diskusinyadi depan kelas.
4) Siswa yang lain
menanggapi hasil diskusi kelompok yang maju ke depan kelas.
c) Konfirmasi
1) Siswa mendapatkan
penghargaan kelompok maupun individu.
2) Siswa membacakan
konfirmasi dari hasil kegiatan yang telah dilakukan.
3) Siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
4) Kegiatan akhir
a)
Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b)
Evaluasi
c)
Tindak lanjut. Bagi siswa yang belum tuntas mendapatkan remedial,
sedangkan siswa yang sudah tuntas mendapatkan pengayaan.
d)
Guru memberikan tugas rumah untuk dikerjakan siswa.
Dalam pelaksanaan PTK ini direncanakan dalam 3 siklus. Siklus pertama
yaitu memahami materi tentang “Presiden Republik Indonesia”, siklus kedua yaitu
“Wakil Presiden Republik Indonesia”, dan siklus ketiga tentang “Kementerian
Republik Indonesia”.
c. Observasi
Observasi atau pengamatan meliputi kegiatan pemusatan perhatian terhadap
suatu obyek dengan menggunakan seluruh alat indera (Arikunto, 2006: 156).
Kegiatan observasi dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru pengamat untuk
mengamati aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran PKn dengan Quantum Teaching dan media CD Interaktif.
d. Refleksi
Refleksi merupakan kegiatan untuk mengemukakan kembali apa yang sudah
terjadi (Arikunto, 2006: 99). Setelah proses pembelajaran selesai, peneliti dan
guru kolaborasi mulai mengkaji proses pembelajaran yang telah dilakukan berupa
aktivitas siswa dan guru, serta hasil belajar yang diperoleh, apakah sudah
mencapai standar ketuntasan dan keefektifan pembelajaran dengan melihat
ketercapaian dalam indikator kinerja pada siklus pertama, serta mengkaji
kekurangan dan membuat daftar permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan siklus
pertama, kemudian bersama tim kolaborasi membuat perencanaan tindak lanjut untuk
siklus selanjutnya.
makasih sangat membatu saya untuk melakukan ptk nantinya.hehe
BalasHapusluar biasa
trim atas bantuan sdr
BalasHapusmakasih . . .
BalasHapus