Selasa, 17 Maret 2015

PENELITIAN TINDAKAN KELAS





Menurut Wardhani dan Kuswaya Wihardi (2010) bahwa “Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat”. (hal. 1.15 – 1.16). Karakteristik PTK adalah sebagai berikut :
a.  An inquiry of practice from within (penelitian berawal dari kerisauan guru akan kinerjanya).
b.  Self-reflective inquiry (metode utama adalah refleksi diri, bersifat longgar, tetapi tetap mengikuti kaidah-kaidah penelitian).
c.  Fokus penelitian berupa kegiatan pembelajaran.
d.  Tujuannya memperbaiki pembelajaran.
Dari karekteristik tersebut dapat dibandingkan ciri-ciri PTK dengan penelitian kelas dan penelitian formal.
Guru dianggap paling tepat melakukan PTK karena :
a.  Guru mempunyai otonomi untuk menilai kinerjanya.
b.  Temuan penelitian tradisional sering sukar diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran.
c.  Guru merupakan orang yang paling akrab dengan kelasnya.
d.  Interaksi guru-siswa berlangsung secara unik.
e. Keterlibatan guru dalam berbagai kegiatan inovatif yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru mampu melakukan penelitian di kelasnya.

Selangkah lebih maju dengan PTK
Contact: 0819 044 38038

Tidak ada komentar:

Posting Komentar