Menurut Wardhani dan
Kuswaya Wihardi (2010) bahwa “Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) adalah
penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri
dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar siswa
meningkat”. (hal. 1.15 – 1.16). Karakteristik PTK adalah sebagai berikut :
a. An inquiry of practice from within
(penelitian berawal dari kerisauan guru akan kinerjanya).
b. Self-reflective inquiry
(metode utama adalah refleksi diri, bersifat longgar, tetapi tetap mengikuti
kaidah-kaidah penelitian).
c. Fokus
penelitian berupa kegiatan pembelajaran.
d. Tujuannya
memperbaiki pembelajaran.
Dari
karekteristik tersebut dapat dibandingkan ciri-ciri PTK dengan penelitian kelas
dan penelitian formal.
Guru dianggap paling tepat melakukan PTK karena :
a.
Guru
mempunyai otonomi untuk menilai kinerjanya.
b.
Temuan
penelitian tradisional sering sukar diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran.
c.
Guru
merupakan orang yang paling akrab dengan kelasnya.
d.
Interaksi
guru-siswa berlangsung secara unik.
e. Keterlibatan
guru dalam berbagai kegiatan inovatif yang bersifat pengembangan
mempersyaratkan guru mampu melakukan penelitian di kelasnya.
Selangkah lebih maju dengan PTK
Contact: 0819 044 38038
Tidak ada komentar:
Posting Komentar